demo

5 Tips Membuat Portofolio yang Sempurna

Membuat Portofolio Online Yang Sempurna

 

Untuk menunjukkan diri anda, tidak ada yang lebih penting dari portofolio Anda. Portofolio yang baik dapat membantu Anda mendapatkan klien yang Anda cari dan menarik perhatian para profesional yang dapat memajukan karier Anda. Ini adalah konstanta yang membutuhkan perawatan sepanjang durasi karier Anda, dan harus menjadi sesuatu yang Anda habiskan banyak waktu untuk membuatnya.

 

Mengapa? Sebagai permulaan, portofolio adalah kartu panggilan visual Anda, yang memungkinkan dunia mengetahui apa yang telah Anda capai dan apa yang Anda mampu. Meskipun akhir-akhir ini kami terutama membicarakan tentang portofolio online yang ada di situs web Anda, beberapa materi iklan juga akan merasa berguna untuk mencetak portofolio khusus untuk penawaran klien atau pameran dagang tertentu.


Baik secara online atau dalam bentuk cetak, cara Anda membuat portofolio tetap sama. Penting untuk diingat bahwa portofolio terbaik terus berkembang dan Anda mungkin tidak melakukannya dengan benar pada kali pertama. Mata kritis yang tajam dan pengeditan yang baik akan membantu mencapai hasil yang Anda cari. Jadi, bagaimana Anda membuat portofolio yang sempurna? Setelah Anda mengetahui niche Anda dan merek yang ingin Anda kembangkan, mulailah dengan membagikan pekerjaan Anda kepada dunia dan menarik klien yang pantas Anda dapatkan.

Ingin membuat portofolio yang sempurna? Berikut 5 tips untuk Anda mulai!


1. HANYA SERTAKAN KARYA TERBAIK ANDA


Gunakan pandangan kritis saat memutuskan apa yang akan dimasukkan dalam portofolio Anda. Di sini, kualitas lebih utama daripada kuantitas adalah kuncinya, jadi menjauhlah dari perasaan seperti Anda perlu memasukkan semua yang pernah Anda buat. Pikirkan diri Anda sebagai kurator atau pendongeng yang menceritakan karya Anda. Anda juga ingin menarik klien ideal Anda, jadi ingatlah ini saat memilih pekerjaan Anda. Misalnya, jika Anda ingin membuat nama untuk diri Anda sendiri sebagai jurnalis foto, tidak masuk akal untuk menempatkan foto pernikahan Anda. Anda juga ingin memastikan bahwa pekerjaan tersebut harus fresh dan mutakhir. Klien potensial ingin melihat pekerjaan baru, jadi terus perbarui dan edit saat Anda melangkah maju dalam karier Anda.


2. TUNJUKKAN BAHWA ANDA SERBAGUNA


Pastikan Anda mencampur presentasi Anda sehingga seluruh kemampuan Anda ditampilkan. Ini mungkin termasuk menggunakan proyek pribadi atau pekerjaan eksperimental yang dapat membantu Anda menjaring jenis klien yang selalu Anda impikan. Jika semua pekerjaan dalam portofolio Anda tampak terlalu mirip, klien mungkin merasa bahwa kreativitas Anda terbatas dan Anda terikat pada satu jenis proyek atau estetika saja.

 

3. LIHAT GAMBARAN BESARNYA


Sangat mudah untuk terjebak dalam melihat portofolio Anda, gambar demi gambar, tetapi sangat penting bahwa Anda juga mengambil tampilan makro dari karya tersebut. Ini akan membantu Anda menyadari jika Anda tidak menunjukkan variasi keseluruhan terbaik dan jika karya yang disajikan sesuai dengan identitas merek yang Anda buat. Gunakan pandangan kritis dan tanyakan pada diri Anda, Apakah karya ini mewakili saya dan karya yang saya inginkan?  Anda juga ingin memikirkan tentang aliran portofolio dan bagaimana urutan karya Anda terlihat oleh calon pemirsa, serta apakah proyek tersebut jelas atau tidak atau dapat ditingkatkan dengan menambahkan penjelasan teks singkat.

 

4. GUNAKAN GAMBAR BERESOLUSI TINGGI


Tidak ada yang lebih buruk daripada melihat foto beresolusi rendah dengan pencahayaan redup dalam portofolio. Semua kerja keras yang Anda lakukan untuk kreasi Anda akan sia-sia jika tidak disajikan dengan benar. Dan, dengan kemungkinan mengambil foto berkualitas tinggi bahkan dengan ponsel, hari ini tidak ada alasan. Jika Anda tidak nyaman dengan pencahayaan, gunakan cahaya alami jika memungkinkan agar semua detail pekerjaan Anda bersinar. Selain itu, jangan takut untuk menyertakan close-up kreasi Anda sehingga orang benar-benar dapat merasakan karya tersebut bahkan di layar komputer.


5. KUMPULKAN OPINI


Karya kreatif bisa sangat pribadi, dan seringkali sulit untuk memisahkan diri dan bersikap objektif. Itulah mengapa Anda harus meminta pendapat, dan tidak hanya dari teman dan keluarga yang mungkin tidak mengatakan yang sebenarnya kepada Anda. Mentor, mantan kolega, dan klien tepercaya semuanya dapat memberikan wawasan yang bagus tentang bagaimana portofolio Anda bekerja untuk mereka. Mungkin mereka akan mengingat proyek hebat yang telah Anda abaikan atau mendorong Anda untuk mengambil lebih banyak peluang dengan apa yang telah Anda sertakan. Pandangan luar adalah cara yang bagus untuk merasakan bagaimana portofolio Anda akan diterima sebelum mempublikasikannya ke dunia.